top of page
  • Writer's pictureRadyan Fahmi

4 Tips Mempromosikan Produk Anda Pada Kaum Millenial Pecinta Anime dan Komik

Inti dari promosi adalah membuat seseorang tertarik untuk menggunakan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Bagaimana cara seorang marketer mampu mempromosikan sebuah produk sangat penting.

Foto: Liputan6.com

Bukan hanya menampilkan produk dengan hiasan atau visual yang menarik saja, namun melibatkan emosi konsumen dengan produk yang ditawarkan akan cukup bagus dilakukan. Produk yang baik adalah yang berguna bagi calon konsumennya merupakan hal mutlak, namun juga beri sedikit keterikatan antara produk dan konsumen. Dalam kasus kali ini adalah bagaimana cara menarik calon konsumen dari kalangan pecinta anime dan komik, rasanya cara ini akan cukup menarik melihat kalangan muda saat ini banyak yang menyukai anime dan komik.

Nah, sebelumnya mengapa cara ini cukup menarik? Karena pasar pecinta anime dan komik tidak bisa dianggap remeh khususnya di Indonesia, promosi dengan cara ini tentunya akan menimbulkan keterikatan yang kuat dengan calon konsumen dan tentunya meningkatkan awareness produk anda. Menggunakan anime dan komik sebagai media akan menghibur dan juga disukai oleh banyak anak muda yang menyukai anime dan komik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempromosikan produk anda kepada khalayak pecinta anime dan komik.


Buat Lomba Komik

Ya, membuat lomba komik tentunya dapat meningkatkan awareness kepada produk yang anda miliki. Apalagi jika hadiah lombanya tinggi, pasti orang akan semakin tertarik. Mengapa cara ini dapat menjadi sarana promosi produk yang baik? Yang pertama, orang suka mendapat hadiah, jadi pastikan lomba yang dibuat memiliki tantangan dan hadiah yang menarik. Dan dari lomba tersebut kita dapat menentukan temanya dengan maksud mengkampanyekan pengenalan dan manfaat produk, pastinya hal tersebut akan meningkatkan awareness produk anda.

Foto: Lomba komik BRI

Cara ini banyak digunakan oleh perusahaan atau instansi, sebagai contoh adalah lomba komik yang diadakan oleh BRI.


Buat Produk dengan Karakter Maskot

Foto: Facebook Fruit Tea Sosro x Si Juki

Sebuah maskot keberadaannya dapat menjadi simbol sebuah brand atau produk, dengan maskot yang sukses anda dapat menarik pelanggan lebih banyak karena dapat dianggap menarik. Membuat maskot yang menarik dan sesuai sasaran calon konsumen sangat penting. Dengan sebuah maskot anda dapat berinteraksi secara langsung atau tidak langsung.

Anda dapat membuat maskot yang lucu jika sasarannya anak-anak, lalu anda dapat membuat karakter imut atau tampan jika sasarannya adalah pecinta anime dan komik. Lalu cocokkan dengan produknya. Misalnya jika produk anda adalah sebuah snack, anda dapat menggambarkan maskot makan dengan ceria, lalu jika terdapat varian pedas anda juga dapat membuatnya seolah sedang kepedasan. Anda dapat mendesain maskot seperti anime, manga atau webtoon. Karena setidaknya dalam komunitas pecinta anime dan komik, mereka sangat hype dengan sesuatu seperti itu. Selain itu maskot yang lucu, cantik atau tampan akan menarik ikatan batin dengan mereka.


Buat Postingan Sosmed dengan “Anime Reference”

Pernahkah anda melihat sebuah brand atau produk yang menggunakan iklan dengan referensi “Jojo Style”? Pose yang terlihat estetik dan unik tersebut setidaknya mampu menarik para pecinta anime.

Foto: Facebook XL Home

Mengapa bisa? Karena dengan cara ini promosi yang anda gunakan tidak akan terlihat monoton atau begitu-begitu saja. Mereka para pecinta anime juga akan melihat hal itu sebagai sebuah keunikan. Setidaknya mereka akan excited apabila “Anime Reference” yang anda gunakan ini unik dan menghibur, orang-orang akan tidak segan untuk membagikan postingan tersebut dengan vibe positif.


Berkolaborasi dengan Konten Anime/Komik


Nah tahukah anda jika mempromosikan sebuah produk juga bisa dalam konten anime atau komik? Banyak contoh yang dapat diambil, seperti misalnya Brand Mikasa dengan anime Haikyuu. Baru-baru ini juga ada tim asal Milan, Inter Milan yang bekerja sama dengan Blue Lock, komik terbitan Kodansha.

Foto: Twitter Inter Milan

Selain itu, anda juga dapat mempromosikan produk secara langsung atau tidak langsung di komik strip, seperti di banyak akun komik Instagram saat ini. Setidaknya hal tersebut mampu meningkatkan awareness kepada orang baru dan lebih tepat sasaran.

6 views0 comments

Comments


bottom of page