top of page
  • Writer's pictureRadyan Fahmi

Membangun Awareness Brand dengan Maskot Karakter

Maskot bisa dikatakan sebagai sebuah jembatan antara brand dengan calon konsumen. Kehadiran sebuah maskot sangat simbolik dan menggambarkan bagaimana kesan sebuah brand itu berdiri.

Salah satu cara membangun Brand Awareness yang baik adalah dengan menggunakan logo dan maskot yang unik.

Mengapa? Karena keduanya merupakan simbol dari sebuah brand. Maskot utamanya akan memiliki dampak besar apabila ia dapat berinteraksi dengan konsumennya dengan baik. Sebuah maskot yang mampu memberikan interaksi kepada konsumennya masih jarang ditemukan. Setidaknya masih dapat ditemukan beberapa contoh bagus sepert badut McD misalnya.

Padahal begitu banyak manfaat yang bisa dihasilkan dengan membuat sebuah maskot yang sukses. Namun rasa-rasanya penggunaan maskot kebanyakan dirasa masih kurang maksimal. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan maskot semestinya dalam membangun awareness sebuah brand. Sebelum itu kita bahas Tujuan dan Manfaatnya.


Tujuan Memiliki Maskot


Maskot memiliki peranannya sendiri dalam membantu sebuah brand itu berdiri. Berikut adalah tujuan dan peran dari maskot itu sendiri.

  • Menjadi Public Figure Sebuah maskot harus memiliki sebuah karakter sendiri yang unik, agar setidaknya dapat dikenal dalam proses branding perusahaan. Maskot juga harus didesain dengan sederhana dan menarik yang tentunya dapat divisualisasikan dalam media audio video atau 3D.

  • Menjadi Mediator Maskot dapat menjadi jembatan antara calon konsumen dengan ditampilkannya ia dalam media-media milik perusahaan. Jadi setidaknya tidak hanya menggenjot promosi sana-sini tetapi perusahaan tersebut mampu menjalin interaksi dengan konsumennya.

  • Menjadi Penghibur Konsumen Fungsi peran maskot agar tidak mubazir ialah dengan menjadi media hiburan bagi konsumennya. Maskot yang mampu menarik hati akan mudah untuk diingat, setidaknya dengan memiliki konten maskot akan dapat berdialog secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen.

  • Mendorong Repurchase Maskot yang unik dan mampu menarik hati pelanggan adalah maskot yang mudah untuk diingat. Aspek ini merupakan poin plus bagi sebuah perusahaan, dengan mempertimbangkan return purchase, secara tidak langsung mampu mempengaruhi alam bawah sadar pelanggan.

Manfaat Memiliki Maskot


Dari beberapa tujuan yang sudah disebut di atas sudah cukup jelas jika banyak yang dihasilkan dari memiliki maskot bagi sebuah brand. Dengan memiliki maskot, sebuah brand dapat menjalin kedekatan dengan pelanggannya.

Dengan cara itu juga, pelanggan akan terpengaruh dan mengingat sebuah brand karena keunikan maskotnya. Bagaimana sikap pelanggan terhadap produk kita akan lebih jelas jika kita dekat dengan konsumen.

Bagaimana Cara Membangun Maskot Karakter untuk Brand?

Tujuan dan Manfaat dari memiliki maskot sudah cukup dijelaskan di atas. Namun bagaimana mendesain maskot yang sukses untuk sebuah brand? Kali ini kita akan mengulas bagaimana membangun maskot terutama bagi pecinta anime dan komik.

  • Buat Desain Yang Unik dan Kekinian Membuat desain yang mengikuti perkembangan zaman setidaknya akan membuat konsumen anda betah melihat maskot yang dimiliki. Desain karakter yang unik dan terutama saat ini karakter bergaya anime jepang atau webtoon korea cukup diminati, kenapa tidak coba membuatnya?

  • Kembangkan Detil Karakter Memperhatikan detil yang dimiliki karakter rasanya cukup penting jika ingin membuat maskot yang unik. Karena audiens akan merasakan kedekatan dan terhibur jika maskot yang dimiliki cukup dekat dengan mereka. Misalnya anda membuat karakter yang memiliki sifat seperti orang pada umumnya namun berikan sedikit perbedaan di beberapa hal, bisa juga dengan memberi kebiasaan tertentu pada karakter tersebut hingga memiliki ciri khas.

  • Ciptakan Maskot yang Mampu Berinteraksi dengan Konsumen Setelah mengembangkan detil-detil yang dimiliki oleh karakter, kita perlu memperhatikan bagaimana sang maskot mampu menjalin interaksi dengan konsumen kita. Berikan mereka lelucon atau berikan mereka ruang untuk berdiskusi santai, menyampaikan pendapatnya dan buat mereka seperti teman. Setidaknya hal tersebut akan membuat mereka nyaman dan kembali untuk menemui sang maskot.

27 views0 comments

Commenti


bottom of page